Rabu, 29 April 2015

Tahukah Anda Makna dari lagu Berkibarlah Benderaku?

Tahukah Anda Makna dari lagu Berkibarlah Benderaku?

            Sejenak marilah kita menyanyikannya, guna menumbuhkan rasa nasionalisme kita terhadap Tanah Air Indonesia Raya.
Berkibarlah Benderaku
Berkibarlah benderaku
Lambang suci gagah perwira
Di seluruh pantai Indonesia
Kau tetap pujaan bangsa

Siapa berani menurunkan engkau
Serentak rakyatmu membela
Sang merah putih yang perwira
Berkibarlah Slama-lamanya

***
Kami rakyat Indonesia
Bersedia setiap masa
Mencurahkan segenap tenaga
Supaya kau tetap cemerlang

Tak goyang jiwaku menahan rintangan
Tak gentar rakyatmu berkorban
Sang merah putih yang perwira
Berkibarkah Slama-lamanya
           
Lagu Berkibarlah Benderaku mempunyai banyak makna baik itu tersurat maupun makna yang tersirat. Lagu ini terdapat 2 buah lirik lagu. Makna lagu Berkibarlah benderaku pada lirik pertama  bait pertama yaitu menjelaskan bagaimana gagah dan menariknya ketika mengibarkan bendera  merah putih di tanah air Indonesia ini.

Selain itu juga mengisyaratkan bahwa bendera itu berkibar hampir di seluruh wilayah indonesia dan tetap mejadi bendera kebangsaan kita.  Makna pada bait selanjutnya yaitu lirik lirik yang tertukis dalam lagu ini sangatlah bermakna banyak sekali.  Barang siapa yang berani menurukan bendera Merah putih atau menggantinya dengan bendera lain maka akan banyak rakyat indonesia yang akan marah, mereka tidak ingin bendera merah putih digantikan oleh bendera lain. Yang mereka inginkan adalah bendera merah putihlah yang kan berkibar selalu di tanah air ini selalu dan slama-lamanya.
Pada lirik kedua bait pertama dan kedua mempunyai makna yaitu tentang sebuah janji  bahwa kita rakyat indonesia akan melakukan apa saja demi berkibarnya sang merah putih di bumi pertiwi. Walau banyak rintangan dan halangan tidak akan bisa merubah jiwa nasionalisme kita. Hanya satu yang di inginkan yaitu Merah putih berkibar slama-lamanya.
Indonesia memiliki kekayaan lagu nasional, belum lagi lagu daerah yang jumlahnya tidak terkira. Hal tersebut harusnya menambah rasa cinta kita terhadap bangsa Indonesia. Jangan sampai negara lain mengobok-obok kedaulatan negara kita.
Jayalah Indonesiaku, Jayalah Negeriku!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar