Minggu, 26 April 2015

Cara Ampuh Hadapi Ujian Nasional

Takut mengahadapi Ujian Nasional? Rasanya hal itu harus kalian hilangkan dalam pikiran dan perasaan. Jangan sampai kalian sudah mengahapal begitu giat dan begitu lama, namun hilang atau lenyap begitu saja, karena perasaan takut menghadapi Ujian Nasional yang sungguh diluar kebiasaan.
            Ada beberapa cara ampuh agar kamu mampu menguasai diri saat akan mengadapi Ujian Nasional. Tips dan Trik ini cocok bagi siswa di semua jenjang, baik itu Sekolah Dasar (SD), SMP dan SMA Sederajat, cara ampuhnya yakni :
1.        Perhatikan saat guru menyampaikan pembelajaran
Memperhatikan materi yang disampaikan guru ketika mengajar merupakan hal yang harus dilakukan, jangan sampai focus kalian selaku pelajar malah ke hal lain. Jika focus sudah ke hal yang lain, maka sudah dipastikan ketika ulangan atau ketika ditanya akan kebingungan. Begitu juga ketika akan menghadapi Ujian Nasional, seringnya, ketika akan Ujian Nasional jam pembelajaran siswa ditambah dengan pengayaan, nah ketika pengayaan itulah usahakan kalian memperhatikan materi yang dibahas oleh guru. Dan jangan merasa sombong, karena kalian sudah mampu, sebab kesombongan akan menjatuhkan kalian.
2.        Baca kembali materi yang diterangkan guru di rumah
Ketika senggang bacalah kembali materi yang ditulis dibuku. Hal ini dilakukan guna meningkatkan daya ingat kalian, semakin banyak dibaca dan dipelajari maka akan semakin faham akan materi yang disampaikan oleh guru. Terlebih jika yang ditulis merupakan jawaban dari latihan soal, sebab setiap tahunnya materi Ujian Nasional sama saja yang membedakan hanya bacaannya saja.
3.        Lakukan latihan mengerjakan soal secara berkala
Guna mengasah kemampuan individu maka lakukanlah latihan soal, baik itu soal eksakta, maupun soal social. Semakin banyak berlatih makan kalian akan piawai dalam menyelesaikan materi yang serupa walaupun dengan bacaan atau soal yang berbeda secara bacaan, namun intinya sama saja. Jika sudah banyak berlatih maka kalian akan merasakan ringan dan tidak akan menjadi beban ketika menghadapi Ujian Nasional dan berdampak pada kepercayaan diri yang meningkat.
4.        Milikilah target setiap harinya, minggu dan bulanan
Memiliki target merupakan hal yang harus dilakukan, seperti sehari harus mampu membaca berapa halaman mata pelajaran. Selain dari itu juga targetkan setiap harinya akan mengerjakan soal latihan soal Ujian sebelumnya, missal 5 sampai 10 soal, dengan begitu maka tercapai apa yang ditargetkan, jadikanlah target tersebut menjadi sebuah kebutuhan.
5.        Jangan lupa istirahat yang cukup
Otak manusia bukan batu yang siap kapan saja dipakai dengan tidak memperhatikan waktu, maka dari itu berikanlah waktu untuk istirahat guna menjadikan otak kita lebih segar, jangan memporsir otak kita dengan keras. Target boleh ada, namun perlu ingat juga akan keterbatasan fungsi tubuh kita.
6.        Minta doa kepada orang tua dan berdoalah ketika selesai beribadah
Surga ada ditelapak kaki ibu (orang tua), maka dari itu keridhoan orang tua pun akan memberikan motivasi yang besar untuk menghadapi Ujian Nasional.
7.        Jangan sampai pikiran negative menguasai diri

Hindarkanlah paradigma negative di pikiran kalian, sebab ketika hal negative bersemayam di pikiran kita, maka semuanya akan hilang. Maka dari itu persepsikanlah hal positif akan kalian dapatkan. Semangat selalu untuk menghadapi Ujian Nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar