Rabu, 29 April 2015

Cara Ampuh Memilih Program Studi dan Perguruan Tinggi Yang Bagus

Cara Ampuh Memilih Program Studi dan Perguruan Tinggi Yang Bagus

Sudahkan anda menentukan perguruan tinggi yang sesuai? Perihal memilih jurusan kuliah bukan urusan yang mudah dan buka persoalan yang sepele. Banyak faktor yang harus diperhatikan dan diperhitungkan serta dipikirkan masak-masak.
Memilih secara tergesa-gesa tanpa memperhitungkan  segala aspek dapat berakibat fatal mulai dari kesadaran yang terlambat bahwa program studi yang diambil tidak sesuai dengan kepribadian sampai Drop Out (DO). Hal ini menjadi pukulan telak bagi mahasiswa yang banyak melangar aturan kampus. Maka dari itu pemilihan jurusan sedini mungkin harus mulai dipertimbangkan. Jangan sampai karena keterpaksaan, tekanan atau hanya oleh ajakan teman semata tanpa ada alasan mendasar yang menguatkan anda memilih jurusan tersebut. Perhatikanlah beberapa langkah di bawah ini, semoga bermanfaat :

1. Menyesuaikan Cita-Cita, Minat, dan Bakat
Bagi yang telah memiliki cita-cita tertentu, maka lihatlah jurusan apa yang dapat membawa menuju profesi atau pekerjaan yang diinginkan tersebut. Janganlah memiliki jurusan teknik geodesi jika sobat ingin menjadi seorang dokter ahli kandungan dan jangan pula memilih jurusan sastra jawa jika bercita-cita menjadi polisi.
Sesuaikan jurusan yang ingin diambil dengan minat dan bakat. Jika tidak menyukai hitung-hitungan janganlah mengambil jurusan eksakta dan jika tidak menyukai menggambar jangan lah mengambil jurusan teknik sipil atau arsitektur. Pilihlah sesuai dengan potensi diri, jangan karena keterpaksaan atau gengsi semata.
2. Cari Informasi
Rajin-rajinlah mencari informasi mengenai jurusan yang diinginkan.  Cari dan gali informasi dari banyak sumber seperti orang tua, teman, saudara, guru, bimbel, tetangga, konsultan pendidikan, kakak kelas, teman mahasiswa, hingga profesional. Jangan mudah terpengaruh dengan orang lain yang kurang menguasai informasi atau ikut-ikutan teman/ trend atau gengsi semata.
3. Kemampuan Biaya
Tiap-tiap jenjang pendidikan, baik itu strata satu, diploma hingga kursus memiliki konsensi pendanaan yang sangat beragam. strata satu jelas membutuhkan banyak dana yang lebih banyak karena waktu yang diperlukan terbilang panjang. Peringkat kedua diduduki diploma dan yang paling ringan umumnya kursus karena masa belajarnya yang lebih singkat. Hal ini diikuti beberapa komponen biaya sesuai dengan program studi yang dijalani. Misalnya biaya kuliah, buku, praktek, dan lain-lain. Jangan sampai karena gengsi, anda ikut-ikutan temen semata.
4. Masa Depan Karir dan Pekerjaan
Banyak jurusan-jurusan yang saat ini lulusannya menganggur tidak bekerja. Tidak hanya orang dari jurusan tertentu saja yang dapat bekerja pada suatu profesi, karena saat ini rekrutmen perusahaan dalam mencari tenaga kerja tidak melihat seseorang dari lata belakang pendidikan saja, namun juga penglaman. Tetapi jika kompetensi, keberanian dan kemampuan sobat jauh dari orang-orang normal, maka jurusan apapun yang sobat ambil sah-sah saja.

Semoga beberapa langkah memilih jurusan di Perguruan Tinggi tersebut mampu memberikan wawasan dan menjadi tolak ukur pertimbangan anda khususnya bagi yang akan meneruskan dalam waktu dekat ini. Jangan karena gengsi anda akhirnya tidak menikmati proses perkuliahan selama 4 tahun atau lebih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar