Rabu, 29 April 2015

Apakah Benar Otak Kanan Lebih Hebat Dari Otak Kiri?

Apakah Benar Otak Kanan Lebih Hebat Dari Otak Kiri?
Banyak kalangan yang beranggapan selama ini yang kurang tepat tentang pengetahuan otak manusia. Beberapa buku juga menulis kehebatan otak kanan, yang juga ditulis oleh penulis yang cukup punya nama. Mereka memakai banyak macam judul, misalnya: gunakan otak kanan anda, berbisnis dengan otak kanan, Sukses Dengan Otak Kanan, 13 Wasiat Terlarang, Dahsyat Dengan Otak Kanan, dsb. Ada juga yang menulis otak kiri dikaitkan dengan IQ dan otak kanan dikaitkan dengan EQ. Apakah benar pernyataan tersebut, apakah hanya sekadar pemanis judul dan guna meninggikan nilai jual di masyarakat?

Banyak buku dan bacaan yang seakan mengerdilkan fungsi dari otak kiri. Tulisan tersebut ‘nampak’ bagus, sayangnya penulis menyadur dari sumber penemuan Roger W Sperry di tahun 1960an saja. Tanpa melihat lebih jauh kelanjutan dari penelitian tersebut dan riset tentang otak (Neuroscience) . Akibatnya pemahaman dan kesimpulan sang penulis menjadi tidak sesuai lagi (baca: tidak uptodate) dengan literatur terbaru. Saya mengerti mereka mempunyai tujuan baik dengan apa yang mereka sampaikan. Namun, bukan berarti fungsi antara otak kanan dan kiri bergitu jauh kebermanfaatannya? Semuanya pasti memiliki fungsi dan memang memiliki fungsi yang berbeda, ketika berbeda rasanya tidak perlu kita mengatakan satu lebih tinggi kualitasnya dibandingkan dengan yang lain.
Namun tulisan tersebut bisa menimbulkan persepsi yang kurang tepat tentang hasil riset otak yang sebenarnya dan memperpanjang persepsi yang salah tentang kebenaran ilmu tentang otak itu sendiri (neuroscience). Pernah juga saya mengikuti seminar dengan topik “Kehebatan otak kanan” di salah satu kota di Jawa Timur. Apakah benar otak kanan lebih hebat dibandingkan dengan otak kiri?
Saya berharap mendapat insight dan wawasan baru. Salah satu mahasiswa, dalam seminar itu bertanya, “Bagaimana peran otak kanan dalam kesuksesan?” Pembicara tersebut menjawab, “Kalau anda ingin sukses, masuklah golongan minoritas, dan golongan minoritas itu adalah golongan otak kanan.”
Setiap orang memiliki potensi dan setiap bagian dari tubuh memiliki fungsi yang berbeda-beda. Semuanya akan memberikan manfaat yang luar biasa, selama kita mampu mengembangkan dan memanfaatkannya sebagai bentuk tanda syukur kepada Pencipta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar