Sabtu, 25 April 2015

Hiking Rally, Ajang Kemandirian Pasukan


Hiking Rally, Ajang Kemandirian Pasukan
Upacara Pembukaan Hiking Rally Gerakan Pramuka di wilayah Kwaran Cisaga

            Minggu (12/4), Pramuka pangkalan MTs Al-Iqna Cisaga menyelenggarakan kegiatan Hiking Rally Garuda Melati (Galati) 1. Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka melaksanakan program kerja tahunan Pramuka yang baru. Walaupun Hiking Rally Galati ini merupakan kegiatan yang pertama, namun hal tersebut akan dijadikan sebagai kegiatan acuan ke depannya.
            Segenap Pramuka Pangkalan MTs Al-Iqna Cisaga selama 2 bulanan disibukan untuk persiapan Hiking Rally tingkat Internal Madrasah dan Kecamatan Cisaga. Tepat di hari Jumatnya, dua hari sebelum diselenggarakan Hiking Rally Galati 1, panitia melaksanakan Technical Meeting bersama perwakilan sekolah yang mengirimkan, baik itu tingkat internal Madrasah maupun eksternal dari perwakilan SD/MI se-Kecamatan Cisaga. Dalam Technical Meeting tersebut dibahas mengenai teknis kegiatan dan beberapa kegiatan dilapangan yang menjadi sedikit perbincangan namun dapat disepakati oleh setiap perwakilan pangkalan SD/MI.
            “Di antara pertanyaan perwakilan peserta tadi, seperti kisaran jarak yang akan ditempuh oleh peserta serta berapa pos yang akan dilewati. Namun itu semua sudah disampaikan penjelasannya dan perwakilan setiap SD/MI sudah memahaminya. Mereka menyatakan siap mengikuti Hiking Rally Galati 1 MTs Al-Iqna Cisaga ini,”papar Debis Saputra,S.Pd., selaku Pembina Pramuka MTs Al-Iqna Cisaga.
Hiking Rally Garuda Melati 1 MTs Al-Iqna Cisaga tersebut dimulai dengan upacara pembukaan pada pukul 07.00 WIB. Ada 30 regu yang mengikuti kegiatan Hiking Rally Galati 1 ini, yaitu regu dari MI Cisaga 1, MI Cisaga 2, SD N 1 Mekarmukti, SD N 2 Mekarmukti, SD N 1 Tanjungjaya, SD N 3 Cisaga, SD N 1 Kepel dan SD N 2 Kepel. Dengan jumlah tersebut, sudah menandakan kegiatan Hiking Rally Galati 1 ini mendapatkan respon positifss dari SD/MI yang ada di Kecamatan Cisaga. Bukan tanpa alasan setiap SD/MI  mengirimkan perwakilannya, ada yang 3 regu, bahkan ada yang 4 regu yakni dari SD N 1 Mekarmukti, hal tersebut disebabkan kejuaraan yang diperebutkan cukup banyak, diantaranya Juara 1, 2 ,3, Juara Harapan 1, 2 ,3, serta Pembina terbaik yang diambil otomatis dari Pembina yang pesertanya juara 1, juara Favorit, juara SD/MI yang mengirimkan peserta terbanyak. Ada puncak kejuaraannya yaitu bagi sekolah yang mendapatkan kejuaraan paling banyak maka otomatis akan dinyakatan sebagai juara Umum Hiking Rally Galati 1 MTs Al-Iqna Cisaga.
            Dalam upacara pembukaan, selaku Pembina upacara yakni Ketua Kwaran 12, Kecamatan Cisaga. Beliau sangat bangga atas terselenggaranya kegiatan Hiking Rally Galati 1 ini, kegiatan ini baru yang pertama ada di Kecamatan Cisaga. Dan beliau pun mendoakan agar kegiatan ini berkesinambungan, sebagai bukti kecintaan pada generasi selanjutnya, khususnya generasi muda Pramuka.
            Pemberangkatan peserta dimulai pukul 08.00, setiap pemberangkatan yakni 4 regu dan setiap peserta harus mengerjakan setiap materi yang berikan oleh panitia yang bertugas di posnya masing-masing. Tidak hanya kegiatan Hiking Rally yang dilaksanakan oleh regu Garuda Maleti MTs Al-Iqna Cisaga, namun juga menampilkan Baris-berbaris, Regu Semaphore, dan Pasukan Kolonel Bertongkat. Penampilan tersebut mampu membuat peserta yang menonton berdecak kagum.
            “Saya kagum, ternyata MTs Al-Iqna Cisaga begitu kaya akan penampilan Pramukanya, bukan hanya mmapu menyelengrakana Hiking Rally namun mampu juga menampilan Baris berbaris, Semaphore dan Pasukan Kolonel Bertongkat,”ungkap Mira Maryati salah satu peserta.
            Di akhir kegiatan panitia mengumumkan kejuaraan, akhirnya dinyatakan sebagai juara 1 MI Cisaga 2, Juara 2  SD N 1 Mekarmukti, Juara 3  SD N 2 Kepel, Juara Harapan 1 SD N 1 Tanjungjaya, Juara Harapan 2 MI Cisaga 1, Juara Harapan 3  MI Cisaga 2, Juara Regu Terfavorit  MI Cisaga 1, Juara Pembina Terbaik MI Cisaga 2, Juara Regu terbanyak          SD N 1 Mekarmukti (4 regu).  Semoga kejuaraan tersebut manambah motivasi dan kecintaan generasi muda terhadap bangsa, khususnya pramuka.




            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar