Senin, 27 April 2015

Cara Jitu Hadapi Ujian Nasional SMP

Cara Jitu Hadapi Ujian Nasional SMP
Sudahkah kalian mempersiapkan diri untuk menghadapi UN 2015? Siap tidak siap harus dipersiapkan. Jangan menjadi tekanan namun harus menjadi tantangan yang menjadikan lebih baik.
Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan diri menuju UN. Mulai dari mengerjakan soal latihan, belajar kelompok, mengikuti les atau bimbingan belajar, sampai menambah jam belajar di sekolah. Semua itu biasa dilakukan pada siswa sekolah yang ingin memiliki nilai bagus saat UN. Ketika hasil bagus yang didapat, tentu kamu bisa dengan mudah masuk SMA unggulan pilihanmu.

Salah satu cara mempersiapkan diri yang paling mudah adalah mengerjakan soal latihan, terutama soal yang diambil dari UN sebelumnya. Ingat, soal yang hadir dalam UN mendatang adalah tipe soal yang sudah pernah hadir dalam UN tahun sebelumnya. Karakteristik soal UN memang berulang dan tidak jauh berbeda. Jadi jika kamu sering berlatih dengan soal-soal UN terdahulu, ke depannya kamu tidak akan kesulitan lagi menghadapi soal UN 2015. Sebab pada kenyataannya materi yang diujikan sama saja, yang berbeda hanya bacaan atau hitungannya.
Ketika kamu berlatih dengan buku latihan soal, pastikan buku tersebut memiliki kunci jawaban dengan penjelasan yang lengkap dan mudah dipahami. Jika mengerjakan soal matematika, pastikan terdapat rumus yang jelas dalam kunci jawabannya. Hal itu tentu akan memudahkan kamu memahami tipe soal-soal UN. Sehingga hal tersebut dapat memudahkan kalian dalam belajar bahasan Ujian Nasional.
Selanjutnya beri target penyelesaian, sebab mengerjakan Ujian Nasional dibatasi oleh waktu. Saat mengerjakan UN, kamu membutuhkan strategi cepat dan tepat dalam menjawab soal. Hal ini dikarenakan waktu yang diberikan saat UN sangat terbatas. Dengan jumlah soal 40 atau 50 dan waktu pengerjaan selama 120 menit, maka rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk menjawab satu soal adalah 2 – 3 menit. Dengan waktu tersebut maka harus dimanfaatkan sebagi-baiknya.
Lihat juga prediksi soal UN yang kira-kira akan keluar nanti. Di dalam prediksi UN biasanya akan memuat tipe soal dan tingkat kesulitannya sesuai dengan standar UN. Selain prediksi, jangan lupa untuk melihat kisi-kisi lengkap UN. Kisi-kisi biasanya berisi kompetensi soal beserta indikatornya. Dengan adanya kisi-kisi ini tentu akan membuatmu belajar lebih efektif dan efisien untuk menghadapi UN. Semoga dengan banyak belajar dan berlatih mengerjakan Ujian Nasional sebelumnya dapat menjadi bekal yang baik ketika menghadapi Ujian Nasional. Selamat menyongsong Ujian Nasional dengan optimis!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar