Sabtu, 25 April 2015

Gerakan Pramuka Ajarkan Kemandirian Hidup

Siapa yang tidak mengenal Baden Powell?
Sosok penuh dedikasi dalam dunia Pramuka ini banyak menginspirasi generasi muda Pramuka Indonesia. Bukan saja soal keberaniannya, namun kemandiriannya juga patut untuk dijadikan sebagai teladan. Sosoknya yang bersahaja namun mampu menjadi isnpirasi, bukan hal mudah yang dilakukan oleh seseorang, tentu banyak perjalanan panjang yang harus dilaluinya.
Berbicara perihal Pramuka, maka kita akan berbicara soal Dasa Darma dan Tri Satya. Bagi kalangan Pramuka, baik itu tingkatan Siaga, Penggalang dan Penegak, rasanya kedua nama tersebut sudah tidak asing lagi, seakan menjadi materi kewajaran yang harus diketahui dan dihafal oleh semua kalangan generasi muda yang ada di Pramuka.
Bahkan mengenai Gerakan Pramuka sendiri sudah di sahkan dalam Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 238 Tahun 1961 Tentang Gerakan Pramuka, yang di dalamnya tercantum banyak hal mengenai Pramuka di Indonesia, tentunya Keputusan Presiden tersebut harus menjadi aturan "main" dalam menjalankan organisasi Pramuka di Indonesia.
Banyak hal yang dilakukan di Pramuka, begitu juga dengan kegiatannya, mulai dari Baris-Berbaris, Hiking Rally, Pionering, dan berkemah.
Tujuan dari Pramuka mengadakan kegiatan tersebut sebagai bentuk pendidikan Pramuka yang menitikberatkan kepada Kemandirian Hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar