Selasa, 19 Mei 2015

Tips Menata Ruang agar Kerja Maksimal

Tips Menata Ruang agar Kerja Maksimal

Bekerja merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh setipa orang, guna menghasilkan uang demi kebutuhan hidup. Namun, bagaimana jadinya kalau bekerja tidak merasakan nyaman atau betah? Apakah bekerja akan mendapatkan hasil yang maksimal? Untuk memperlancar kegiatan pelayanan dan penyelesaian pekerjaan, dalam penataan ruangan perlu diperhatikan prinsip-prinsip tata ruang sebagai berikut:

1.      Pelaksanaan tugas yang memerlukan konsentrasi hendaknya ditempatkan di ruang terpisah atau di tempat yang aman dari gangguan.
2.      Bagian yang bersifat pelayanan umum hendaknya ditempatkan di lokasi yang strategis agar mudah dicapai.
3.      Jarak satu meubelair dengan lainnya dibuat agak lebar agar orang yang lewat lebih leluasa.
4.      Bagian-bagian yang mempunyai tugas sama, hampir sama, atau merupakan kelanjutan, hendaknya ditempatkan di lokasi yang berdekatan.
5.      Bagian yang menangani pekerjaan yang bersifat berantakan seperti pengolahan, penjilidan dan pengetikan, hendaknya ditempatkan yang tidak tampak oleh khalayak umum (pengguna perpustakaan).
6.      Apabila memungkinkan, semua petugas dalam satu unit/ ruangan duduk menghadap ke arah yang sama dan pimpinan duduk di belakang.
7.      Alur pekerjaan hendaknya bergerak maju dari satu meja ke meja lain dalam satu garis lurus.
8.      Ukuran tinggi, rendah, panjang, lebar, luas, dan bentuk perabot hendaknya dapat diatur lebih leluasa.
9.      Perlu ada lorong yang cukup lebar untuk jalan apabila sewaktu-waktu terjadi musibah/ kebakaran.
Dengan kenyamanan penataan ruangan, maka akan mengakibatkan rasa nyaman dalam bekerja. Ketika nyaman dalam bekerja, maka hasil yang dicapaipun akan maksimal. Bekerja bukan sekadar keharusan, namun harus menjadi hobi, ketika menjadi hobi maka segalanya tidak akan menjadi beban bahkan tekanan hidup.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar