Selasa, 19 Mei 2015

Cara Ampuh Menanam Tanaman Hias di Sekolah

Cara Ampuh Menanam Tanaman Hias di Sekolah

Bagi kalian yang kurang begitu suka dengan tanaman hias daun masih ada tanaman hias bunga, tanaman hias ini selain daunnya yang memberi daya tarik tersendiri tapi bunga juga memiliki daya tarik yang begitu amat menarik dan menggoda.
Coba kalian bayangkan apabila kita lelah ketika selesai belajar lalu kalian pergi ke halaman sekolah dan kalian melihat hamparan tanaman hias dan bunga berwarna-warni. kita akan merasakan kesejukan dan ketenangan di lingkungan sekolah kita, sejenak rasa lelah dan cape akan hilang karena melihat kesan kesejukan di sekeliling halaman sekolah disebabkan oleh kehadiran tanaman yang diyakini mampu menyegarkan pikiran dan tubuh kita.

Tanaman juga tidak selamanya di tempatkan di sekitar halaman sekolah saja tetapi kita bisa menempatkannya di samping sekolah ataupun di depan rumah kita. dan ada pun tips dan trik merawat tanaman antara lain:
1.      Menyiram
Menyiram tamanan 2x sehari pada pagi dan sore hari
2.      Pemupukan
Harus dilakukan dengan dosis yang tepat. Frekuensi pemupukan yang disarankan adalah sebulan sekali dengan pupuk yang digunakan NPK dan urea. Pupuk daun juga bisa diberikan sebulan tiga kali.
3.      Penyiangan atau Pemangkasan
Penyiangan dilakukan setiap hari. Terutama jika terlihat adanya gulma (tanaman liar) di media tanam. Untuk menghindari gulma disarankan untuk memberi lumut di permukaan media tanam. Pemangkasan batang, cabang, ranting, dan daun yang sudah layu.
4.      Pengendalian Hama dan Penyakit
Cara mengendalikan dengan cara menyemprotkan insektisida. Hewan pemeliharaan seperti anjing, kucing, atau ayam juga bisa jadi hama bagi tanaman.
Nah ada pun tips dan trik untuk mengiasi taman antara lain:
1.      Kita bisa menambahkan dekoratif  seperti batu alam, patung, pot bunga (diletakan atau digantung), lampu hias dan lain-lain.
2.      Segarkan tanaman dengan adanya kolam dan air pancuran.
3.      Pertimbangkan tanaman yang akan kalian tanam, usahakan kalian memilih tanaman yang mudah untuk kalian rawat dan pelihara.
Maka kita akan mendapat kesejukan yang belum pernah kalian rasakan sebelumnya… jadi bermanfaatkan tanaman hias itu??? Jadi perbanyaklah tanaman hias di sekitar sekolah maupun sekitar rumah kalian supaya orang yang melihatnya merasakan ketertarikan terhadap lingkungan kita.. dan merasakan kesejukan yang alami tanpa harus menyalakan AC ataupun kipas angin. Jangan merasa malu ketika halaman sekolah seperti di kebun, justru dengan banyaknya tanaman hias akan menambah nyaman proses pembelajaran dan yang terpenting udara terasa segar.

 

 

 

 

 

 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar