Jumat, 15 Mei 2015

9 Cara Unik dan Positif Rayakan Kelulusan Ujian Nasional

9 Cara Unik dan Positif Rayakan Kelulusan Ujian Nasional
Tradisi yang kita ketahui cara merayakan kelulusan sekolah adalah cora-coret baju seragam. Entah sejak kapan tradisi corat – coret baju seragam menjadi tradisi.Seiring dengan merebaknya aksi tersebut, acap sekali dijumpai tindakan – tindakan yang meresahkan penduduk masyarakat. Seperti ; mengganggu ketertiban umum, membuat keonaran.Namun dibalik tradisi yang sekian lama tersebut, ada beberapa hal cara untuk merayakan kelulusan sekolah dengan positif dan bermanfaat , yaitu :
1.      Bagi – Bagi Sembako
Seperti membagi sembako kepada tukang becak yang ada disetiap pangkalan tukang becak, sembako tersebut dihasilan dari pengumpulan dana dari seluruh siswa-siswi. Sebelum melakukan bagi-bagi sembako seluruh siswa bisa di bariskan di lapangan upacara untuk melakukan sujud syukur ( Insya Allah Lulus 100 %) unuk menghindari aksi corat – coret yang kerap sekali identik dengan perayaan kelulusan sekolah. Setelah itu siswa-siswi membagikan bingkisan kepada abang tukang becak. Bingkisan tersebut dapat berisi : mie instan, beras,gula seta minyak gorang. Dll
2.      Ziarah Ke Makam Walisongo Atau Makam Pahlawan
Siswa – siwi dapat juga berkunjung ke makam walisongo atau makam pahlawan guna untuk mendoakan walisongo ataupun pahlawan yang sudah rela berkorban demi bangsa Indonesia ini. Dan bisa mendapatkan hikmah dari ziarah tersebut. Amin

3.      Donor Darah
Merayakan kelulusan sekolah dengan melakukan aksi donor darah. Ini sangat bermanfaat dan memberikan kebahagiaan kepada orang lain yang sedang membutuhkannya. Dari pada aksi corat-coret ataupun konvoi yang secara nyata tidak memberikan manfaat malah memberikan kebisingan terhadap warga.
4.      Menyumbangkan Seragam
Corat – coret baju seragam bukan zamanya lagi, Siswa – siswi kelas 3 berani berbuat yang terbaik untuk adik-adik kelasnya itu sungguh sifat yang luar biasa, bayangkan saja ketika ada sekolah yang siswa SMA kelas XII melucuti baju seragam mereka untuk disumbangkan guna untuk diberikan siswac- siswi yang lebih membutuhkannya.
5.      Konvoi Sepeda; Ramah Lingkungan Dan Tidak Bising
Cara unik ini akan menjadi pusat perhatian seluruh warga, bayangkan saja konvoi menggunakan sepeda yang diikuti oleh seluruh siswa yang merayakan kelulusannya. Sungguh luar biasa. Apalagi jika sepedanya dihias seperti halnya dengan konvoi sepeda hias, wahh…menarik sekali sudah tidak mengganggu kebisingan bagi warga malah warga bisa menontonya.
6.      Doa Bersama (Membuat Tumpeng Nasi Kuning)
Nah.. ini adalah salah satu yang telah dilakukan kami (siswa-siswi SMA NEGERI 1 Randudongkal kelas XII IPA 1 2011), setelah kami mendengar pengumuman kelulusan yang telah dibagikan kerumah masing-masing, kami semua berngkat kesekolah. Kami berkumpul di tempat parkir guna untuk berdoa bersama yang dipimpin oleh guru wali kelas kami pada saat itu BU Aminah. Kami berdoa bersama untuk mmberikan syukur kami kepada Sang Pencipta sehingga kelas kami lulus 100%, alhamdulillah…. Dan setelah itu kelas kami makan berasama-sama dengan menu nasi kuning dan banyak juga lauk pauknya . kami semua merasa puas dengan merayakan kelulusan sekolah dengan cara yang positif, semoga dapat ditiru oleh adik-adik kami nantinya.
7.      Alternatif Corat –  Coret, Kreatifitas Di Kain Sepanjang 45 Meter
Menyikapi aksi corat – coret baju sebagai luapan suka cita kegembiraan, solusi yang kreatif adalah membentangkan kain mori putih bahan spanduk sepanjang 45 meter , ini bahan media yang spektakuler untuk meluapkan rasa kegembiraan dan untuk melampiaskan aksi corat-coret siswa.
8.      Bakti Sosial, Santunan Panti Asuhan
Perayaan kelulusan sekolah identik dengan aksi corat-coret baju dan konvoi menggunkan sepeda motor, dan akibatnya membuat kemacetan serta kebisingan dari knalpot yang tidak berstandar bunyinya. Daripada melakukan aksi seprti itu tadi lebih baik kita merayakan aksi yang positif dan bermanfaat dengancara mengungkapkan rasa syukur kita semua seperti memberikan santunan ke pasien-pasien puskesma/rumah sakit/panti asuhan sehingga kita bisa berbagi kebahagiaan kita kepada orang lain.
9.      Sholat Berjamaah
Daripada konvoi dengan kendaraan bermotor atau corat-coret baju seragam mendingan kita memberikan rasa syukur kita atas rahmat Allah yang telah memberikan kelulusan kepada kita semua dengan cara sholat berjamaah di masjid ataupun mushola sekolah. Solat berjamaa merupakan kegiatan yang mulia bagi umat muslim.
Semoga cara sederhana tersebut dapat menjadikan kelulusan menjadi lebih berkah. Banyak cara positif dan unik lainnya guna merayakan kelulusan, tidak harus corat-coret terhadap seragam. Sayang seribu sayang ketika seragam yang masih layak digunakan ternyata dibiarkan kotor begitu saja. Perjalanan perjuangan belum dan tidak akan selesai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar