Senin, 18 Mei 2015

Tips Ampuh Penataan Ruang Perpustakaan

Tips Ampuh Penataan Ruang Perpustakaan

            Siapa yang tidak mengetahui ruang perpustakaan? Rasanya keterlaluan ketika seseorang tidak tahu perihal perpustakaan. Dalam kenyataannya ada beberapa perpustakaan secara tempat, ada perpustakaan sekolah, perpustakaan daerah (pemerintah) dan ada perpustakaan pribadi. Biasanya orang yang mengurusi perpustakaan disebut dengan pustakawan, sedangkan pengunjungnya disebut peminjam, pembaca atau bahkan ada sebutan bagi mereka yang rajin ke perpustakaan yakni “kutu buku”.
Ruang perpustakaan merupakan sarana yang penting dalam penyelenggaraan perpustakaan karena dalam ruang ini segala aktivitas dan program perpustakaan dirancang dan diselenggarakan. Suatu perpustakaan bukan hanya menyediakan ruang kemudian mengisi dengan koleksi tetapi juga harus memperhatikan lokasi perpustakaan, aspek penataan ruang, penataan perabot dan perlengkapan, alur petugas dan penerangan. Bafadal (2004:47) mengemukakan penataan perpustakaan sekolah mempunyai manfaat yaitu

1.      Dapat menciptakan suasana aman, nyaman, dan menyenangkan untuk belajar, baik bagi murid, guru dan pengunjung lainnya.
2.      Mempermudah murid, guru dan pengunjung lainnya dalam mencari bahan-bahan pustaka yang diinginkan.
3.      Petugas perpustakaan sekolah mudah memproses bahan-bahan pustaka, memberikan pelayanan, dan melakukan pengawasan.
4.      Bahan-bahan pustaka aman dari segala sesuatu yang dapat merusaknya.
5.      Memudahkan petugas perpustakaan sekolah dalam melakukan perawatan terhadap semua perlengkapan perpustakaan sekolah.
Selain itu, Kosasih (2009:6) mengemukakan bahwa perpustakaan pada umumnya memiliki empat macam ruangan diantaranya;
1.      Ruang koleksi buku (rak-rak buku)
2.      Ruang baca
3.      Ruang pengolahan bahan pustaka dan ruang staf
4.      Ruang sirkulasi
Merencanakan tata ruang harus didasari dengan hubungan antar ruang yang dipandang dari segi efisiensi, alur kerja, mutu layanan, keamanan dan pengawasan. Macam-macam sistem tata ruang perpustakaan yaitu :
1.      Tata sekat
Tata sekat merupakan cara pengaturan ruangan yang menempatkan koleksi terpisah dari meja pengunjung dengan cara penempatan koleksi yang terpisah oleh sekat antara meja baca dan pengunjung.
2.      Tata parak
Dalam sistem ini pembaca dimungkinkan mengambil sendiri koleksi yang terletak di ruangan lain kemusian dibonkan pinjam untuk dibaca di ruangan yang disediakan. Sistem ini hampir sama dengan sistem tata sekat. Perbedaanya hanya terletak pada pemakai yang dapat mengakses dan mengambil koleksi ke rak koleksi
3.      Tata baur
Penempatan koleksi dicampur dengan meja bacaan agar pembaca lebih mudah mengambil dan mengembalikkan koleksi sendiri. Dengan tata baur ini pembaca merasa nyaman dan tidak ribet, sehingga membuat pembaca betah berada di perpustakaan.
Demikianlah beberapa tips ampuh guna menjadikan perpustakaan hidup bahkan lebih hidup lagi. Dengan penataan yang begitu nyaman, otomatis pengunjung pun akan merasakan kenyamanan, betah. Namun, disamping penataan ruangan tersebut, yang harus dilakukan secara berkala adalah menambah koleksi buku di perpustakaan tersebut, sehingga pembaca akan merasakan variasi jenis bacaan yang dibaca atau dipinjam.
Selamat membaca!








Tidak ada komentar:

Posting Komentar