Minggu, 01 Maret 2015

Mengasah Daya Ingat Anak Prasekolah

Bagaimana caranya agar daya ingat anak semakin baik? Apakah membiarkannya atau membimbingnya dengan berbagai latihan untuk mengasah daya ingat? Jika seperti itu, latihan apa yang cocok untuk mengasah daya ingat anak?

Usia anak mempengaruhi sekali, mulai bayi, usia batita, usia prasekolah dan usia sekolah. Namun, ada beberapa tindakan guna mengasah daya ingat anak. 

Dalam sebuah studi dinyatakan bahwa daya ingat anak usia prasekolah sangat besar namun dia belum memiliki strategi bagaimana menyimpan dan meletakkan informasi yang diterima supaya mudah diingat.

Berdasarkan hal tersebut ada langkah untuk mengasah daya ingat anak usia praskeolah, yaitu dengan adanya stimulasi tepat, di antaranya :
  • Kaitkan satu informasi dengan informasi yang lain yang sudah diketahui oleh anak.
  • Biasakan mengikuti jadwal rutin setiap hari, mulai dari bangun tidur, mandi, ibadah, dan kegiatan lainnya.
  • Mengongkretkan hal yang ingin diingat oleh anak, jadi jangan buat abstrak informasi yang akan diberikan, namun berikanlah bukti nyata yang dapat dipahami oleh anak usia prasekolah.
  • Ajukanlah pertanyaan terbuka, dengan pertanyaan terbuka yang bervariasi akan lebih mengasah daya ingat daripada pertanyaan yang sama diulang kembali.
  • Membaca cerita bergambar. Pengulangan cerita yang sama akan terekam di ingatan anak. Ketika anak mendengarkan cerita lain yang agak mirip, maka anak akan mengaitkannya dengan cerita yang sebelumnya dia pernah dengar.
  • Ajaklah anak menghafal lagu, mengingat cerita, menghitung dan lainnya.

Lakukanlah semua itu dengan sabar dan konsisten. Jika hal di atas dilakukan dengan ketidak sabaran terutama orang tua, maka anak akan takut ketika mendapatkan informasi yang baru. 

Berdasarkan hal tersebut, gunakanlah sebaik-baiknya usia anak anda yang masih prasekolah untuk melakukan latihan atau stimuasi tersebut, guna mengasah daya ingat anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar