Minggu, 01 Maret 2015

Apa Yang Dimaksud Otak Kanan dan Otak Kiri?

Makhluk hidup terdiri dari manusia, binatang dan tumbuhan. Setiap makhluk hidup diberikan kelebihan dan kekurangannya. Begitu juga ketika berbicara manusia, maka terdapat kekurangan dan kelebihannya. Menurut sebuah keterangan, yang menjadikan manusia lebih tinggi dibandingkan dengan makhluk lainnya, kerena manusia memiliki otak yang mampu berpikir. Sehingga diharapkan dengan adanya pemikiran tersebut dapat menjadi acuan manusia dalam bertingkahlaku.

Otak merupakan factor utama dalam tubuh manusia, selain organ yang lainnya. Otak tentunya mengalami pertumbuhan, sebab tidak mungkin otak bayi, anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua sama, tentunya ada perbedaan.

Otak dipandang sebagai organ tubuh yang paling penting sebab otak adalah pusat untuk mengaktifkan seluruh organ dan system tubuh, melalui pesan-pesan yang dihantarkan oleh serabut sel saraf otak. Hal ini menjadi landasan mengapa otak dipandang bagian tubuh yang utama dan terpenting.

Sebuah keterangan menyatakan terdapat satu trilyun sel, 100 miliar di antaranya saling berhubungan dalam suatu jaringan yang mengahasilkan pengendalian gerak, kesadaran, ingatan, intelegensi, emosi, dan kreativitas.

Sejak tahun 1960 telah popular dengan fungsi dari otak, otak memiliki 2 bagian yaitu otak kanan dan otak kiri, namun keduanya memiliki fungsi yang berbeda akan tetapi saling mengisi bukan justru bersebrangan. Roger Sperry, menyatakan keduanya memiliki fungsi masing-masing, di antaranya otak kanan memiliki fungsi mengontrol kegiatan nonverbal dan persepsi ruang, sedangkan otak kiri mengontrol kemampuan berbicara dan keterampilan dasar akademis (membaca, menulis dan berhitung). Keterangan dari peneliti yang sama pun menyatakan ketika salah satu otak sedang bekerja, missal otak kanan sedang terfokus pada seni, atau menggambar, maka otak kiri cenderung lebih tenang, begitu juga sebaliknya.

Berdasarkan paparan di atas semoga menjadi tambahan ilmu, terlebih bagi anda yang menjadi orang tua atau guru, sehingga dapat menganalisis kecenderungan anak dan siswa anda, termasuk yang lebih dominan otak kanan atau kiri. Setiap bagian otak memiliki fungsinya yang berbeda tidak ada yang saling menjatuhkan fungsi yang lain, namun saling mengisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar