Selasa, 30 Agustus 2016

Apa makna yang terkandung pada lagu Ayam Den Lapeh?

Apa makna yang terkandung pada lagu Ayam Den Lapeh?

Makna lagu ayam den lapeh - lagu tradisional yang sangat populer, tidak hanya di kawasan Minang, tetapi juga sampai di Malaysia hingga Vietnam. Tidak heran jika banyak versi yang dapat dijumpai mengenai lirik lagu ini. Tetapi secara keseluruhan lagu ini adalah ekspresi perasaan kehilangan sesuatu yang berharga, yang kemudian dikonotasikan dengan (ayam). Sebuah teks yang sarat simbol, berarti banyak juga kemungkinan-kemungkinan yang akan hadir dalam interpretasi lirik lagu ini. Jika melihat akar tradisi Minang lama, konteks ayam merupakan barang mewah, hanya orang-orang tertentu saja yang dapat memeliharanya. Tetapi, pemilihan diksi ayam sebagai begitu banyak barang berharga menjadi sedikit menggelitik. Hal ini sesuai dengan nada lagunya yang sangat jauh dari kesan muram dan sedih, tak ada kesan mendayu-dayu. Bahkan bisa dibilang sangat ceria. Barangkali, dimaksudkan untuk menertawakan nasib buruk yang telah lewat dan seperti berpesan tak ada gunanya berlarut-larut dalam kesedihan.

Lirik Lagu Ayam Den Lapeh

Berikut ini lirik lagu ayam den lapeh yang akan saya tulis pada postingan kali ini. semoga bermanfaat untuk anda yang kesulitan mencarinya.

Luruihlah jalan Payakumbuah
Babelok jalan Kayu Jati
Dima ati indak karusuah
Ayam den lapeh ai ai

Ayam den lapeh

Mendaki jalan Padangsikek
Basimpang jalan ka Biaro
Di ma ati indak kamaupek
Awak takicuah ai ai

Ayam den lapeh

Sikucapang sikucapeh, 
saikua tabang saikua lapeh
Tabanglah juo nan karimbo
Oilah malang juo

Pagaruyuang Batusangka
Tampek bajalan urang baso
Duduak tamanuang tiok sabanta
Oi takana juo ai ai

Ayam den lapeh

Makna Lagu Ayam Den Lapeh

Berikut ini saya rangkum makna lagu ayam den lapeh pada postingan ini. semoga apa yang anda cari menuaikan hasil yang maksimal dan saya pun senang jika anda senang.

Lagu dimulai dengan nama-nama daerah yang ada di Sumatera Barat, seperti Payakumbuh dan Pagaruyung. maksudnya adalah mari merantau jangan hanya berdiam diri dikampung saja, karena bagi suku Minang yang bukan disebut rantau hanyalah di Nagari Pariangan, diluar nagari itu disebut daerah rantau. lagu di lanjutkan dengan susahnya mendapatkan si ayam, kenapa? karena tidak fokus akan suatu hal yang ingin dituju dalam merantau kita harus fokus akan suatu hal yang ingin diraih bukan membelot dengan menyimpang dari tujuan awal. di akhir lagu dijelaskan setelah bangga mendapatkan si ayam tak taunya pasar telah ditutup, intinya adalah jangan membuang-buang masa muda dengan hanya bermain-main selama dirantau, fokus akan hal yang ingin dituju.

Tag : arti lagu ayam den lapeh, lirik lagu ayam den lapeh, makna lagu ayam den lapeh, lagu ayam den lapeh menceritakan tentang, lagu ayam den lapeh berasal dari, maksud lagu ayam den lapeh, not lagu ayam den lapeh, lirik lagu ayam den lapeh dan artinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar