Minggu, 31 Juli 2016

Apa makna yang terkandung pada lagu "Hari Merdeka (17 Agustus 1945)

Apa makna yang terkandung pada lagu "Hari Merdeka (17 Agustus 1945)

Makna Lagu - Lirik dan Makna Lagu Hari Merdeka - Setiap tahun, apabila kita merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia sudah bisa dipastikan bahwa kita akan sering mendengar Lagu Hari Merdeka yang dinyanyikan baik itu oleh anak-anak, maupun orang dewasa. Selain itu terdapat ungkapan rasa syukur kepada tuhan untuk pemberian hari kemerdekaan itu yang dituangkan dalam sebuah lirik lagu. 2 lagu tersebut diberi judul “Hari Merdeka (17 agustus 1945)” dan “ Syukur” yang diciptakan oleh M. Husein Mutahar.

Sekilas cerita tentang terciptanya Lagu Hari Merdeka yang sering diperdengarkan pada saat Aubade HUT Proklamasi Kemerdekaan RI, menurut pengakuan beliau sendiri, diciptakan di dalam toilet Hotel Garuda Yogyakarta. Ketika itu ia sekamar dengan Hugeng yang kemudian menjadi Kepala Polri, dimana pada saat itu sedang bersama-sama mengawal Bung Karno. Hugeng kebingungan mencarikan kertas dan pulpen karena Mutahar tergopoh-gopoh hendak menuangkan gagasannya ke atas kertas.

Lirik Lagu Hari Merdeka (17 Agustus 1945)

HARI MERDEKA (17 Agustus 45)
Lirik Lagu Hari Merdeka cipt. Husein Mutahar

Tujuh belas agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
Merdeka...

Sekali merdeka tetap merdeka
Selama hayat masih di kandung badan
Kita tetap setia tetap setia
Mempertahankan Indonesia
Kita tetap setia tetap setia
Membela negara kita

Makna Lagu Hari Merdeka (17 Agustus 1945)

Sudah saatnya kini kita semua bersuka-cita. Wahai, semua anak bangsa Indonesia.. Sambutlah masa gemilang ini. Tiada lagi penindasan dan penjajahan karena hari ini pada tanggal tujuh belas Agustus tahun empat lima, sebagai bangsa yang besar kita berani menyatakan dengan gagah berani : itulah hari kemerdekaan kita! Inilah puncak perjuangan kita. Titik kemenangan tertinggi karena ridho dari Ilahi, merahmati kita semua dengan hari merdeka bagi nusa dan bangsa. Inilah hari lahirnya bangsa Indonesia, bangsa besar yang berjuang dengan segenap jiwa dan raga membebaskan diri dari segala bentuk penjajahan yang sebelumnya dialami. Mari pekikkan dengan lantang: merdeka!

Mari serukan tekad kita: sekali merdeka tetap merdeka! Itu berarti kita semua telah mengucapkan janji bahwa Indonesia akan selalu kita bela selama hayat masih dikandung badan. Kita tetap setia dan kita harus tetap sedia untuk mempertahankan Indonesia dari segala ancaman yang ingin menghancurkan bangsa Indonesia, mengembalikan cengkeram kuku penjajahan dalam bentuk apa pun menghunjam Bumi Pertiwi. Kita tetap setia dan kita harus tetap sedia berkorban jiwa-raga demi membela negara kita.

Rasakanlah dalam lagu ”Hari Merdeka” suatu semangat patriotik dan keteguhan sikap, ketetapan hati untuk membaktikan diri demi nusa dan bangsa. Hayatilah betapa kuat dan teguh hati para pahlawan yang mengantarkan kita semua pada alam kemerdekaan saat ini. Pesan yang tersirat dalam lagu perjuangan ini adalah kewajiban kita semua sebagai anak bangsa Indonesia untuk mencintai tanah air, mempertahankan kedaulatan negara, dan juga mensuyukuri rahmat dari Tuhan Yang Maha Kuasa kepada kita dengan kemerdekaan yang telah kita perjuangkan bersama. Tentu saja ini semua membutuhkan tekad yang mesti diwujudkan dalam bentuk tindakan nyata ─ kita tetap setia, tetap sedia mempertahankan dan membela negara kita.

Lihat juga Lirik dan terjemahan lagu lainnya :

2 komentar:

  1. min apa maksudnya " mengembalikan cengkeram kuku penjajahan dalam bentuk apa pun menghunjam Bumi Pertiwi." ?

    BalasHapus
  2. kalau bisa intinya ja, satu persatu maknanya . . .

    BalasHapus