KESALAHAN DALAM MEMBACA AL-QURAN
Imam Jalaluddin as-Suyuty menjelaskan bahwa ada dua lahn yang mungkin terjadi yaitu :
1. اللحن الجلى: kesalahan yang nyata pada lafazh sehingga kesalahan tersebut dapat diketahui baik oleh ulama qiraat maupun kebanyakan. Lahn Jahliy ini ada yang mengubah makna dan ada yang tidak mengubah makna.
Lahn Jaliy yang dapat mengubah makna ialah :
a. Bergantinya suatu huruf dengan huruf lain ابدال حرف بحرف))
Contoh : ... ولعلكم تشكرون (QS. Al-Jatsiyah : 12)
Apabila lafazh تشكرون dibaca تسكرون huruf syin berubah menjadi sin, maka artinya menjadi … dan mudah-mudahan kamu mabuk.
b. Bergantinya suatu harakat dengan harakat lain (ابدال حركة بحركة)
contoh : صراط الذين انعمت عليهم (QS. Al-Fatihah : 7)
Apabila lafazh انعمتَ dibaca انعمتُ maka dham,irnya berubah انا menjadi aku, sehingga artinya menjadi : (yaitu) orang-orang yang telah aku anugerahkan ni'mat kepada mereka.
c. Bertambah atau berkurangnya huruf (زيادة او نقصان الحروف)
Contoh : انعمتdibaca اَنَمْتَ
انعمت Dibaca انعمته
Adapun Lahn Jaliy yang tidak mengubah makna contohnya :
الحمد للهِ dibaca الحمد للهُ atau lafazh لم يلد ولم يولدْ dibaca لم يلدُ ولم يولدُ walaupun tidak merubah makna, keduanya termasuk Lahn Jaliy.
2. اللحن الخفىyaitu kesalahan yang tersembunyi pada lafazh. Kesalahan ini hanya dapat diketahui oleh para ulama Qiraat atau kalangan tertentu yang mendalami Qiraat. :
a. Membaca dlommah dengan suara antara dlommah dan fathah, seperti membaca dlommahnya lafazh انتمُdan عليكمُ dengan suara antara dlommah dan fathah.
b. Membaca Kasroh dengan suara antara Kasroh dan fathah, seperti membaca Kasrohnya lafazh بهِdan عليهمْ dengan suara antara Kasroh dan Fathah.
c. Menghilangkan dengung lafazh yang seharusnya dibaca dengung atau sebaliknya.
d. Menghilangkan ghunnah lafazh yang seharusnya dibaca ghunnah, menambah atau mengurangi ukuran ghunnah suatu bacaan.
e. Menggetarkan (takrir) huruf Ra secara berlebihan atau sebaliknya.
f. Menebalkan (taghlizh) suatu huruf lam tidak pada tempatnya.
g. Menambah atau mengurangi ukuran Mad suatu bacaan.
CARA MEMBACA AL-QURAN YANG DILARANG
1. At-Tarqish (الترقيص)
Yaitu pembaca sengaja berhenti pada huruf mati namun kemudian dihentikannya secara tiba-tiba, seakan-akan ia sedang melompat atau berjalan cepat.
2. At-Tahzin (التحزين)
Yaitu pembaca membaca dengan mimic atau gaya yang dibuat sedsih atau hamper menangis yang bertujuan semata-mata sebagai daya tarik bagi pwndwngar.
3. At-Tar’id (الترعيد)
Yaitu pembaca mengalunkan suara yang terlalu bergetar mirip suara orang yang yang kedinginan atau kesakitan.
4. At-Tathrib (التطريب)
Yaitu mendendangkan dan melagukan al-Quran sehingga membaca panjang (mad) bukan pada tempatnya.
5. At-Tarji’ (الترجيع)
Yaitu membaca al-Quran dengan nada rendah kemudian tinggi, dengan nada rendah dan tinggi dalam satu nad.
6. At-Tahrif (التحريف)
Yaitu membaca al-Quran bersamaan orang (koor) suatu ayat yang panjang dengan bergantian berhenti untuk berenafas, sehingga jadilah ayat ytang panjang itu bacaan yang tak terputus-putus.
1. komponen pokok perhatian adalah :
- Gambar bunyi (Huruf)
- Getaran bunyi (Makharijul Huruf)
- Ritme bunyi (Harokat)
- Model Membaca Al-Quran secara garis besar terdapat dua macam yaitu :
1. الطريقة البغدادية yaitu metode yang mengajararkan al-Quran dengan cara dieja mulai dari pengenalan jenis huruf al-Quran atau huruf arab, lalu mengenal penambahan harokat dengan perbedaan bunyi, perubahan-perubahan huruf dengan double huruf atau dengan mematikan (sukun) huruf lainnya. Sampai penyambungan antara satu huruf kepada huruf yang lainnya sehingga menjadi satu lafadz.
2, الطريقة الصوتية yaitu metode pengajaran al-Quran dengan cara langsung bersuara (melafalkan huruf).
التمرينات في مخارج الحروف والتجويد
ا | اَ اِ اُ | بَـا | أَو | أَن | أَنِئَئنَ | مِنَ المُؤنِ | مَئِيئًا | أَنِئًا |
ب | بَ بِ بُ | بَب | بُو | بُن | بَنِبَبنَ | مِنَ المُبنِ | مَبِيبًا | بَنِبًا |
ت | تَ تِ تُ | بَت | تُو | تُن | تَنِتَتن | مِنَ المُتنِ | مَتِيتًا | تَنِتً |
ث | ثَ ثِ ثُ | بَث | ثُو | ثَن | ثَنِثَثن | مِنَ المُثنِ | مَثِيثَا | ثَنِثًا |
ج | جَ جِ جُ | بَج | جُو | جَن | جَنِجَجنَ | مِنَ المُجنِ | مَجَيجًا | جَنِجًا |
ح | حَ حِ حُ | بَــــح | حُو | حَن | حَنِحَحنَ | مِنَ المُحنِ | مَحَيحًا | حَنِحًا |
خ | خَ خِ خُ | بَــــخ | خُو | خَن | خَنِخَخنَ | مِنَ المُخنِ | مَخِيخًا | خَنِخًا |
د | دَ دِ دُ | بَد | دُو | دَن | دَنِدَدنَ | مِنَ المُدنِ | مَدِيدًا | دَنِدًا |
ذ | ذَ ذِ ذُ | بَذ | ذُو | ذَن | ذَنِذَذنّ | مِنَ المُذنِ | مَذِيذًا | ذَنِذًا |
ر | رَ رِ رُ | بَر | رُو | رَن | رَنِرَرنَ | مِنَ المُرنِ | مَرِيرًا | رَنِرًا |
ز | زَ زِ زُ | بَز | زُو | زَن | زَنِزَزنَ | مِنَ المُزنِ | مَزِيزًا | زَنِزًا |
س | سَ سِ سُ | بَس | سُو | سَن | سَنِسَسنَ | مِنَ المُسنِ | مَسِيسًا | سَنِسًا |
ش | شَ شِ شُ | بَش | شُو | شَن | شَنِشَشنَ | مِنَ المُشنِ | مَشِيشًا | شَنِشًا |
ص | صَ صِ صُ | بَص | صُو | صَن | صَنِصَصنَ | مِنَ المُصنِ | مَصِيصًا | صَنِصًا |
ض | ضَ ضِ ضُ | بَض | ضُو | ضَن | ضَنِضَضنَ | مِنَ المُضنِ | مَضِيضًا | ضَنِضًا |
ط | طَ طِ طُ | بَط | طُو | طَن | طَنِطَطنَ | مِنَ المُطنِ | مَطِيطًا | طَنِطًا |
ظ | ظَ ظِ ظُ | بَظ | ظُو | ظَن | ظَنِظَظنَ | مِنَ المُظنِ | مَظِيظًا | ظَنِظًا |
ع | عَ عِ عُ | بَع | عُو | عَن | عَنِعَعنَ | مِنَ المُعنِ | مَغِيغًا | عَنِعًا |
غ | غَ غِ غُ | بَغ | غُو | غَن | غَنِغَغنَ | مِنَ المُغنِ | مَعِيعًا | غَنِغًا |
ف | فَ فِ فُ | بَف | فُو | فُن | فَنِفَفنَ | مِنَ المُفنِ | مَفِيفًا | فَنِفًا |
ق | قَ قِ قُ | بَق | قُو | قُن | قَنِقَقنَ | مِنَ المُقنِ | مَقِيقًا | قَنِقًا |
ك | كَ كِ كُ | بَك | كُو | كَن | كَنِكَكنَ | مِنَ المُكنِ | مَكِيكًا | كَنِكًا |
ل | لَ لِ لُ | بَل | لُو | لَن | لَنِلَلنَ | مِنَ المُلنِ | مَلِيلاً | لَنِلاً |
م | مَ مِ مُ | بَم | مُو | مَن | مَنِمَمنَ | مِنَ المُمنِ | مَمِيمًا | مَنِمًا |
ن | نَ نِ نُ | بَن | نُو | نَن | نَنِنَننَ | مِنَ المُننِ | مَنِينًا | نَنِنًا |
و | وَ وِ وُ | بُو | وُو | وَن | وَنِوَونَ | مِنَ المُونِ | مَوِيوًا | وَنِوًا |
هـــ | هــَ هــِ هــُ | بَه | هُو | هَن | هَنِهَهنَ | مِنَ المُهنِ | مَهِيهًا | هَنِهًا |
لا | | بَلاَ | | | | | | |
ء | | | | | | | | |
ي | يَ يِ يُ | بَي | يُو | يَن | يَنِيَينَ | مِنَ المُينِ | مَيِييًا | يَنِيًا |
SOAL PRAKTEK
- Jelaskan sejarah asal mula terjadinya perbedaan dalam membaca Al-Quran…
- Jelaskan sebab-sebab terjadinya perbedaan dalam membaca al-Quran….
- Jelaskan persamaan dan perbedaan antara Al-Quran, Al-Qira’ah, Al-Tajwid, Al-Tilawah, Al-Tadarrus dan Al-Tadabbur…
- Cari dan Tulislah masing-masing satu ayat al-Quran disertai dengan sakal dan tarjamah yang terdapat lafadz Al-Quran, Al-Qira’ah, Al-Tilawah, Al-Tadarrus dan Al-Tadabbur….
- Sebutkan Model-model membaca al-Quran dan macam-macam metode membaca al-Quran yang bapak / ibu ketahui dan jelaskan kelebihan dan kelemahan dari masing-masing model dan metode tersebut….
- Dalam membaca al-Quran terdapat dua kesalahan, sebutkan dua kesalahan tersebut disertai dengan memberikan masing-masing 5 contoh ayat al-Quran…
- Sebutkan dan jelaskan yang bapak ibu ketahui cara membaca al-Quran yang dilarang….
- Dalam Ilmu Tajwid bacaan Imalah hanya satu ayat, sedangkan dalam Ilmu Qira’ah lebih dari satu, cari dan tulis minimal 7 ayat al-Quran yang boleh dibaca Imalah menurut Ilm Qira’ah dan 1 ayat al-Quran menurut Ilmu Tajwid….
- Bagaimana Pendapat para ulama tentang membaca tartil, cepat, sedang dan lambat, bacaan mana yang lebih baik disertai dengan dalil yang menguatkannya..
- Bagaimana pendapat para ulama dan sauadara tentang bacaan dengan menggunakan qira’ah sab’ah?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar